Mengapa Mata Kucing Berair

Mengapa Mata Kucing Berair dan Penyebabnya - Photo by:  Sarah Mick (Flickr)

Mengapa Mata Kucing Berair

Mengapa Mata Kucing Berair

Mengapa Mata Kucing Berair

Mengapa Mata Kucing Berair? Jika ini yang anda tanyakan, begitu panyak jawaban yang bisa diberikan dari sekian banyak pula penyebab Mata Kucing Berair. Sebelumnya di tiga artikel saya, saya pernah mendiskusikan Penyebab Mata Kucing Berair, Penyebab Umum Mata Kucing Berair dan Kenapa Mata Kucing Berair. Dari ketiga artikel tersebut memang masih sebuah perkiraan kondisi kucing anda yang sedang sakit Mata sehingga mengeluarkan banyak air (berair), tapi masih ada beberapa hal yang mesti diikuti/dipelajari oleh sang pemilik kucing agar lebih mengerti kebutuhan kesehatan sang kucing.

Dari ketiga artikel kesehatan kucing yang sudah saya buat sebelumnya, akan saya paparkan informasi yang sekiranya dapat membantu anda mengerti tentang dan penyebab, mengapa mata kucing bisa berair, dan jika anda menginginkan/ ingin tau Solusinya, bisa mengecek artikel saya tentang; Solusi Mata Kucing Berair.

- Penyebab Mata Kucing Berair
Secara lumrah, penyakit mata kucing yang berair ini tidak berbahaya, namun, jika dibiarkan lebih lanjut bisa mengakibatkan iritasi yang berujung pada infeksi dan kematian tentunya, untuk itu perawatan yang tepat dan benar dapat menyelamatkan hidup sang kucing. Berikut Penyebab Mata Kucing bisa Berair
1. Infeksi berkepanjangan dan berlebihan, baik itu di konjungtiva kucing, maupun mata kucing yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan peradangan cacing di mata kucing
2. Iritasi ringan, seperti iritasi oleh debu, pasir, rumput, bulu, dsb
3. Penyakit umum kucing, seperti flu kucing, demam, cacingan dan diare yang dialami sang kucing menyebabkan mata kucing lebih cendrung mengeluarkan banyak air di matanya.

- Solusi tepat untuk mengatasi mata berair pada kucing
Solusi yang paling tepat adalah membawa sang kucing ke dokter hewan terdekat, namun jika hal itu tidak memungkinkan anda bisa melakukan pertolongan pertama yang bisa ikut untuk memulihkan keadaan sang kucing, itupun jika keadaan sang kucing masih tidak kristis, seperti:

* Memberikan Salep
* Membersihkan kotoran mata dengan air bersih dan kain bersih
* Memberikan Obat Tetes Mata sebanyak 2-3 tetes pada mata kucing yang terluka/iritasi

Mata Kucing yang Berair juga dapat mengidentifikasi keadaan sang kucing, apakah dia sehat, sedang sakit atau stress, maka dari itu rawatlah kucing anda dengan hati-hati, jangan lupa membersihkan kandang kucing dan memelihara pola hidup kucing yang sehat dibarengi pemberian asupan gizi yang cukup dan mumpuni.

3 komentar:

  1. apa boleh memberikan obat tetes mata semisal insto?

    BalasHapus
  2. Udah saya kasih salep tapi kok masih keluar air terus ya gan kadang bersin2 sampe 5x itu gimana ya

    BalasHapus